
Strategi Instagram Marketing untuk Meningkatkan Bisnis
Instagram marketing – Instagram adalah platform media sosial yang memiliki lebih dari 800 juta pengguna di seluruh dunia. Di Indonesia, aplikasi berbagi foto dan video milik Facebook ini memiliki sekitar 88,22 juta pengguna pada bulan Mei 2021. Mengingat fenomena ini, tidak mengherankan jika Instagram akhirnya dimanfaatkan sebagai media pemasaran bisnis.
Pemasaran melalui Instagram menjadi pilihan banyak pemilik bisnis untuk meningkatkan penjualan, terutama bagi bisnis berskala kecil. Instagram menjadi strategi pemasaran yang menarik karena tidak memerlukan biaya besar untuk memasang iklan.
Dengan semakin populernya pemasaran di Instagram, Anda perlu memiliki strategi yang tepat agar dapat bersaing dengan pesaing.
Apa itu Instagram Marketing?

Instagram marketing adalah segala upaya pemasaran yang dilakukan melalui platform Instagram. Seperti halnya pemasaran di media sosial pada umumnya, terdapat dua jenis strategi pemasaran Instagram, yaitu:
- Organik, seperti posting konten, Instagram Stories, dan Instagram TV (IGTV).
- Berbayar, seperti menggunakan Instagram Ads dan melakukan promosi melalui influencer.
Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Instagram merupakan platform yang sangat mengedepankan konten visual.
Oleh karena itu, strategi pemasaran Instagram memerlukan pendekatan yang berbeda dibandingkan dengan media sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter. Mari, mari kita cari tahu strategi-strategi tersebut pada bagian selanjutnya!
Baca juga: Apa itu Influencer?: Jenis, Pengaruh, dan Contohnya
Strategi Instagram Marketing untuk Meningkatkan Bisnis

Berikut ini kami berikan panduan yang dapat Anda terapkan:
Gunakan Akun Instagram Bisnis
Instagram marketing merupakan tahap yang penting sebelum Anda melangkah ke strategi selanjutnya. Mengapa demikian? Karena memiliki akun bisnis akan memudahkan calon konsumen untuk menghubungi Anda dan memberikan kesan yang lebih profesional pada bisnis Anda.
Selain itu, menggunakan akun Instagram bisnis (Instagram for Business) juga memberikan akses ke berbagai fitur yang tidak tersedia di akun Instagram pribadi.
Beberapa fitur tersebut antara lain adalah kemampuan untuk membuat Instagram Ads dan akses ke Insights. Fitur Insights ini sangat berguna untuk menganalisis dan memberikan statistik mengenai kinerja akun Anda.
Mencari Calon Kustomer yang Potensial
Melalui Instagram, Anda dapat mengidentifikasi calon konsumen yang tertarik dengan jenis produk yang ditawarkan oleh toko Anda.
Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membuka akun kompetitor atau menggunakan hashtag yang terkait dengan produk Anda.
Kemudian, Anda dapat mengikuti akun dari akun kompetitor dan hashtag tersebut. Disarankan untuk mengikuti jumlah yang terbatas setiap harinya, misalnya hanya 20 orang.
Selain itu, Anda juga dapat berkomunikasi dengan calon konsumen melalui komentar di akun kompetitor atau akun influencer.
Membuat Guidelines Profile
Guidelines merupakan kerangka acuan yang penting dalam setiap aktivitas. Bagaimana Anda dapat membangun profil Instagram yang menarik perhatian? Bahasa apa yang akan Anda gunakan? Dan bagaimana Anda akan memanggil audiens Anda? Salah satu guidelines yang sangat penting dalam membangun Instagram adalah panduan untuk feed Instagram.
Berikut ini adalah beberapa tips untuk membangun panduan feed Instagram agar tampilan feed Anda terlihat estetis:
- Menyelaraskan warna pada setiap postingan Instagram, baik warna produk maupun tone warna foto.
- Menyelaraskan jenis produk yang dijual pada setiap postingan.
- Menggunakan template yang konsisten pada setiap postingan Instagram.
- Menggunakan latar belakang yang sama di setiap foto.
- Menggunakan grid, yaitu merancang sebuah gambar besar yang kemudian dipotong menjadi beberapa postingan.
Selain feed, Anda juga perlu membuat panduan untuk tulisan. Tentukan gaya bahasa yang akan Anda gunakan saat berinteraksi dengan audiens Anda.
Buat panduan untuk template InstaStory Anda, tentukan berapa kali dalam seminggu Anda akan melakukan promosi, dan lain sebagainya.
Baca juga: Bisnis B2C Memperkuat Hubungan dengan Konsumen
Buat Conten Guidelines
Instagram merupakan media sosial yang sangat penting untuk mengembangkan brand Anda. Untuk membedakan akun Anda dari brand lain dan menciptakan kesan yang tak terlupakan, penting bagi Anda untuk memiliki style khas yang unik.
Untuk memudahkan hal tersebut, disarankan untuk membuat panduan gaya (style guidelines) khusus untuk postingan Instagram Anda.
Mulai dari pertimbangan apakah Anda ingin menggunakan emoji dalam caption, apakah Anda ingin menggunakan bahasa yang formal atau informal, dan apakah Anda ingin menggunakan ilustrasi dalam postingan Anda.
Namun, perlu diingat bahwa panduan gaya ini bertujuan untuk menjadikan akun Instagram Anda berbeda, konsisten, dan mudah diingat. Hal ini juga dapat menjadi cara yang efektif untuk melakukan branding produk Anda.
Tentukan Tema Konten
Memilih konten dengan tema yang berbeda-beda merupakan strategi yang dapat membantu bisnis Anda agar pelanggan tidak bosan dengan konten yang disajikan.
Selain itu, konten yang berbeda-beda juga dapat membantu Anda mencapai berbagai tujuan yang berbeda. Sebagai contoh, misalkan Anda memiliki akun Instagram untuk sebuah sekolah yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dan mencari siswa baru.
Anda dapat memilih beberapa tema konten utama, seperti kontes, cerita alumni, dan kehidupan kampus, untuk mencapai tujuan tersebut.
Dengan menggunakan tema-tema yang berbeda, Anda dapat memberikan variasi konten yang menarik dan relevan dengan audiens Anda.
Ini akan membantu menjaga minat dan keterlibatan pelanggan, serta membantu Anda mencapai berbagai objektif yang Anda inginkan.
Baca juga: Social Media Marketing Membangun Kehadiran Bisnis di Era Digital
Membuat Konten Berkualitas
Dalam menjalankan Instagram marketing, konten menjadi elemen utama yang perlu diperhatikan. Konten tersebut tidak hanya terbatas pada foto produk, tetapi juga hal-hal lain yang dapat membuatnya menarik. Untuk menciptakan konten berkualitas, Anda dapat mencoba tips berikut:
Membuat konten untuk feed
Konten tidak harus selalu berupa foto produk, tetapi juga bisa berupa slideshow yang memberikan pengetahuan tentang produk atau infografis yang menarik.
Memperingati hari-hari penting
Manfaatkan momen-momen spesial seperti hari raya, Natal, Hari Kemerdekaan, dan lainnya. Hal ini dapat mempengaruhi minat konsumen terhadap penawaran khusus yang Anda tawarkan pada hari-hari tersebut.
Membuat kampanye
Berkreasilah dalam menciptakan konten kampanye. Misalnya, Anda dapat membuat video singkat yang menginspirasi tentang produk baru yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.
Menulis caption dengan artikel atau cerita
Pada caption foto, buatlah tulisan yang menceritakan atau menggugah audiens untuk menggunakan produk Anda. Gunakan caption ini sebagai kesempatan untuk memperkenalkan nilai-nilai atau keunikan produk Anda.
Baca juga: SEO Specialist: Menjadi Ahli dalam Dunia Mesin Pencari
Berinteraksi dengan Audiens
Interaksi dengan audiens adalah elemen krusial dalam Instagram Marketing. Tujuannya adalah untuk terus meningkatkan kesadaran tentang keberadaan bisnis Anda di antara konsumen.
Selain itu, dengan memperhatikan interaksi dengan audiens, Anda dapat menciptakan komunitas yang berpotensi berdampak pada peningkatan jumlah pengikut, pelanggan, atau jangkauan bisnis Anda.
Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan:
- Membuat mini kuis melalui Instagram Stories: Anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan yang terkait dengan produk yang Anda jual. Tidak perlu memberikan hadiah, tetapi ini dapat mendorong partisipasi dan interaksi dari audiens.
- Mengadakan giveaway pada momen tertentu: Misalnya, satu kali sebulan atau saat perayaan khusus. Giveaway tidak selalu harus berupa produk. Anda dapat memberikan kupon potongan harga atau hadiah lain yang relevan dengan bisnis Anda.
- Menanggapi setiap komentar: Hal ini terkadang dianggap sepele, tetapi memiliki dampak yang besar. Dengan merespons komentar konsumen secara cepat, Anda akan menciptakan kesan positif dan meningkatkan hubungan dengan konsumen Anda.
Dengan melakukan interaksi yang aktif dan responsif dengan audiens Anda, Anda dapat memperkuat keterlibatan mereka dan membangun hubungan yang lebih baik. Hal ini akan berdampak positif pada pertumbuhan bisnis Anda di platform Instagram.
Gunakan Hastag
Walaupun Instagram merupakan media sosial yang fokus pada visual, terdapat elemen non-visual yang penting untuk ditambahkan ke brand Instagram Anda, seperti gaya caption.
Salah satu teknik yang populer adalah penggunaan branded hashtags. Namun, ini tidak hanya berarti menggunakan nama perusahaan Anda sebagai hashtag.
Anda juga dapat menciptakan hashtag yang melambangkan dan mewakili merek Anda, serta mendorong pengikut untuk berbagi foto-foto yang sesuai dengan hashtag tersebut.
Baca juga: Implementasi Marketing Mix 8P di Perusahaan Jasa
Memanfaatkan Fitur-fitur Instagram
Terdapat beberapa fitur lain dalam Instagram yang dapat Anda manfaatkan untuk keperluan bisnis, antara lain:
- Instagram Stories: Anda dapat menggunakan fitur ini untuk berinteraksi dengan audiens melalui polling, mini kuis, dan konten mini lainnya.
- Highlight: Fitur ini memungkinkan Anda menyimpan informasi secara permanen sehingga audiens dapat melihatnya dengan lebih mudah. Misalnya, Anda dapat membuat highlight untuk testimoni, daftar harga, atau promosi pada hari-hari tertentu.
- Instagram Ads: Fitur ini memungkinkan Anda untuk meluncurkan iklan di Instagram. Anda dapat memilih jenis iklan yang ingin Anda tampilkan, seperti di feed, di Stories, atau melalui seluruh akun Anda.
- Pembelian Langsung (Direct Purchase): Fitur ini memungkinkan konsumen untuk membeli produk langsung melalui unggahan (feed) di Instagram. Setiap unggahan dapat terhubung dengan platform lain seperti Facebook atau website Anda.
Dengan memanfaatkan fitur-fitur tersebut, Anda dapat meningkatkan efektivitas pemasaran bisnis Anda di Instagram dan memudahkan audiens dalam berinteraksi dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.
Kenali Identitas Follower
Kesuksesan bisnis Anda di Instagram tidak akan tercapai hanya dengan meniru strategi merek lain. Apa yang berhasil untuk merek seperti Starbucks atau Red Bull belum tentu cocok untuk lembaga keuangan atau organisasi nirlaba.
Penting untuk memperhatikan audiens Anda dan memastikan bahwa Anda memenuhi kepentingan dan keinginan mereka.
Amati apa yang berhasil untuk bisnis Anda di platform media sosial lainnya, perhatikan konten yang dibagikan oleh audiens Anda di Instagram, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan pesaing atau merek sejenis dengan bisnis Anda.
Kirim Direct Massager ke Follower
Jangan ragu untuk menjalin hubungan yang ramah dengan para pengikut Anda sehingga mereka merasakan adanya koneksi dan bersedia menjadi pelanggan setia dalam jangka waktu yang panjang.
Anda dapat mengirim pesan melalui Direct Message (DM) Instagram dengan berbagai konten yang relevan, seperti ucapan terima kasih atas pembelian di toko Anda, promosi produk baru, penawaran diskon khusus, atau permintaan untuk foto mereka saat menggunakan produk Anda.
Baca juga: Digital Advertising: Pengertian, Macam, dan Cara Kerjanya
Bekerjasama dengan Influencer
Lakukan identifikasi terhadap influencer di Instagram yang relevan dengan merek atau industri Anda, dan mulailah membangun hubungan dengan mereka.
Anda bisa memberikan mereka kontrol atas akun Anda selama satu hari untuk melakukan pengambilalihan (takeover), atau menghubungi mereka untuk bekerja sama dalam bentuk konten sponsor di akun mereka sendiri.
Menyponsori mereka dengan produk atau layanan Anda dapat menjadi cara yang baik untuk mengenalkan merek Anda kepada komunitas Instagram yang lebih besar.
Meskipun banyak influencer yang mungkin menetapkan tarif tinggi jika Anda ingin bekerja sama dengan mereka, Anda pasti dapat menemukan influencer dengan jumlah pengikut dan jangkauan yang lebih kecil, namun masih sesuai dengan anggaran Anda.
Posting di Waktu yang Tepat
Menyadur dari Niagahoster, Jika Anda ingin menghindari masalah dalam Instagram Marketing, penting untuk memperhatikan waktu yang tepat untuk melakukan posting. Jadi, kapan waktu yang tepat untuk melakukan posting di Instagram?
Untuk menentukan waktu yang tepat untuk posting dalam bisnis Anda, sebaiknya lihatlah data di Insights. Waktu yang optimal dapat bervariasi tergantung pada jenis bisnis dan audiens target Anda.
Namun, ada dua penelitian umum yang dapat menjadi acuan. Menurut Sprout Social, waktu terbaik untuk melakukan posting di Instagram secara umum adalah hari Rabu pukul 11.00 dan Jumat pukul 10.00-11.00. Sementara menurut CoSchedule, waktu terbaik untuk melakukan posting adalah antara pukul 8.00-9.00 pagi dan pukul 02.00.
Selain itu, penting untuk menghindari posting yang berlebihan dalam Instagram Marketing. Jika Anda mengisi feed pengikut Anda dengan konten merek secara berlebihan, kemungkinan besar mereka akan merasa jenuh dan segera unfollow.
Namun, Anda juga tidak boleh tidak melakukan posting sama sekali sepanjang hari, karena merek Anda harus tetap muncul secara teratur di feed pengikut.
Menurut penelitian CoSchedule, disarankan untuk melakukan posting satu atau dua kali sehari. Jika Anda ingin melakukan posting dalam jumlah yang lebih banyak, Anda dapat memanfaatkan fitur album di Instagram.
Fitur ini memungkinkan Anda mengunggah hingga 10 gambar atau video dalam satu postingan. Dengan cara ini, hanya satu postingan yang muncul di feed pengikut, tetapi mereka dapat menggeser untuk melihat gambar atau video lainnya tanpa mengisi feed mereka secara berlebihan.
Baca juga: Niat Sholat Hajat 2 Rakaat Beserta Tata Cara dan Doanya
Kesimpulan
Dengan menerapkan strategi Instagram marketing yang efektif, Anda dapat memperluas jangkauan bisnis Anda, menarik pelanggan baru, dan memperkuat hubungan dengan pengikut Anda.
Jangan ragu untuk menjelajahi fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh Instagram dan selalu pantau perkembangan tren dan kebutuhan audiens Anda.
Dengan mengikuti praktik terbaik dalam Instagram marketing, Anda dapat mengoptimalkan potensi platform ini untuk pertumbuhan bisnis Anda.
Referensi
- Smith, J. (2019). Instagram Marketing: How to Create Successful Instagram Strategies, Grow Your Following, and Engage Your Audience. Wiley.
- Sturges, E. (2020). The Ultimate Guide to Instagram Marketing: Social Media Advertising, Influencer Marketing, Growth Hacking, and More. Independently Published.
- Patel, N. (2019). Instagram Marketing: Step-by-Step Guide to Building a Brand, Creating Engaging Content, and Growing Your Following. CreateSpace Independent Publishing Platform.
- Duncan, L. (2020). Instagram Marketing: Learn How to Grow Your Instagram Account, Gain Thousands of Followers, and Monetize Your Instagram. Independently Published.
- Martin, S. (2019). Instagram Marketing 2020: The Ultimate Guide to Grow Your Instagram Account, Gain Millions of Followers, and Earn Money. Independently Published.
- Lin, J. (2020). The Art of Instagram: A Complete Guide to Instagram Marketing, How to Build Your Brand, Create Amazing Content, and Get More Followers. Independently Published.

