10 Contoh Content Marketing di Instagram, Konsep, dan Bentuk
Contoh Content Marketing di Instagram – Pernah mendengar tentang content marketing? Salah satu taktik pemasaran ini sering digunakan untuk mempromosikan produk, terutama dalam era digital seperti sekarang. Pemasaran tidak lagi terbatas pada metode offline, tetapi juga telah merambah ke dunia online. Pengusaha dan kreator kini memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk melakukan pemasaran. Umumnya, mereka menggunakan beragam jenis konten guna menarik perhatian audiens.
Sekarang, pertanyaannya adalah, konten seperti apa yang dapat dijadikan sebagai bahan content marketing? Terkadang, banyak orang yang masih merasa bingung mengenai bagaimana menerapkan content marketing di platform sosial media. Kerap muncul pertanyaan, khususnya mengenai contoh-contoh content marketing yang efektif.
Agar tidak lagi merasa bingung, mari kita simak contoh penerapan content marketing di Instagram yang bisa Anda coba. Semua aspek mengenai content marketing dapat ditemukan dalam artikel ini.
Apa Konsep dari Content Marketing?
Content marketing merupakan suatu strategi pemasaran yang melibatkan pembuatan konten yang relevan dan konsisten guna menarik perhatian audiens. Konten ini diciptakan dengan tujuan mendapatkan respons yang diharapkan. Jadi, content marketing bukan hanya sekadar membuat konten semata, tetapi juga memiliki target spesifik yang ingin dicapai melalui konten tersebut.
Selain itu, menurut pendapat Neil Patel, tujuan dari content marketing adalah untuk membangun hubungan atau interaksi yang kuat dengan audiens dalam jangka waktu yang lebih panjang. Fokusnya bukan hanya menciptakan konten yang viral demi mendapatkan jumlah penonton yang tinggi. Lebih dari itu, tujuannya adalah menciptakan konten yang mampu memikat audiens dan menjadikan mereka sebagai calon pelanggan yang loyal.
Content marketing yang efektif harus mampu membangkitkan rasa kebutuhan dari audiens dan menimbulkan rasa penasaran. Inilah yang akan membangun ikatan emosional antara konten dan merek.
Keberhasilan content marketing tidak hanya ditentukan oleh tampilan visual yang menarik, tetapi juga oleh konsistensi. Dengan mengunggah konten secara teratur, audiens akan semakin menyadari keberadaan konten dan merek tersebut. Bahkan, mereka bisa saja menantikan konten-konten baru. Jika tahap ini tercapai, maka dapat dikatakan bahwa strategi content marketing yang diterapkan telah berhasil.
Baca juga: Skill Copywriting: Mengasah Hard Skill dan Soft Skill
Contoh Content Marketing di Instagram
Berikut adalah contoh penerapan content marketing di Instagram.
Testimoni Pelanggan
Ulasan atau testimoni dari pelanggan adalah cara lain untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan. Jika mereka melihat ulasan dari pelanggan lain, ini dapat mendorong mereka untuk mempercayai produk atau layanan Anda.
Fitur Swipe Up
Fitur “Swipe Up” pada akun Instagram bisnis mendorong pemirsa untuk melakukan tindakan tertentu, seperti menggesek layar untuk mengakses tautan atau halaman tertentu. Isi konten “Swipe Up” harus menarik dan menimbulkan rasa penasaran agar audiens tertarik untuk mengikuti instruksi yang diberikan.
Gambar atau Video Produk
Salah satu contoh content marketing di Instagram adalah dengan menggunakan gambar atau video produk. Buatlah konten yang menampilkan produk Anda untuk menarik perhatian calon pelanggan di Instagram. Pastikan konten yang Anda buat menarik, memiliki identitas khas, dan teratur agar para pengikut atau penonton Anda dapat mengenal dan memahami produk yang Anda takukan.
Pastikan juga untuk menyertakan label harga pada gambar produk, sehingga para pengikut yang tertarik dapat dengan mudah mengetahui harganya. Gunakan deskripsi yang baik untuk menggambarkan produk, termasuk kelebihan dan fitur-fiturnya.
Konten Reels
Fitur Reels adalah cara terbaru di Instagram untuk membuat konten pemasaran. Reels dengan video pendek adalah cara efektif untuk mencapai audiens di luar pengikut Anda. Reels mendorong pengguna yang tertarik pada konten Anda untuk mengunjungi profil bisnis Anda, yang tentunya menguntungkan bisnis Anda.
Giveaway
Untuk mengundang perhatian calon pelanggan baru, Anda dapat mengadakan program “giveaway”. Strategi ini terbukti sangat efektif dalam menggerakkan audiens untuk mengikuti dan berinteraksi dengan akun Instagram Anda. Oleh sebab itu, tak mengherankan jika banyak bisnis yang menerapkan pendekatan ini.
Giveaway merujuk pada penyelenggaraan kontes dengan persyaratan tertentu yang memberikan peluang kepada peserta untuk memenangkan hadiah. Pemenang akan ditentukan berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan. Sebagai contoh, persyaratan giveaway mungkin melibatkan langkah-langkah seperti mengikuti dan memberikan “like” sebanyak mungkin pada postingan tertentu. Pemenang kemudian akan dipilih berdasarkan jumlah “like” yang mereka berikan.
Melalui program giveaway, manfaat yang dihasilkan tak hanya terbatas pada perekrutan calon pelanggan baru, melainkan juga pada peningkatan tingkat interaksi. Jumlah “like” dan komentar yang melimpah akan memperbaiki nilai tingkat interaksi secara keseluruhan. Keuntungan ini tentunya sangat berharga, karena satu langkah bisa memberikan dua hasil sekaligus.
Baca juga: Search Engine Marketing: Pengertian dan Manfaatnya
Konten Trending
Berita atau tren yang sedang populer dapat menjadi bahan konten marketing di Instagram yang menarik. Jika dielola dengan baik, konten yang sesuai dengan tren bisa menguntungkan bisnis Anda karena banyak orang yang memperhatikan konten yang sedang trending.
Testimoni Pelanggan
Ulasan atau testimoni dari pelanggan adalah cara lain untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan. Jika mereka melihat ulasan dari pelanggan lain, ini dapat mendorong mereka untuk mempercayai produk atau layanan Anda.
Tutorial Foto dan Video
Konten tutorial berupa foto atau video merupakan contoh content marketing di Instagram yang populer dan dapat membantu audiens memahami sesuatu. Konten ini juga dapat menarik minat calon pelanggan dan mendorong mereka untuk membeli. Biasanya minat meningkat setelah melihat bagaimana produk digunakan dan manfaat yang diperoleh setelah menggunakannya.
Konten Di Balik Layar
Konten “Behind the Scenes” merupakan contoh content marketing di Instagram yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. Dengan memperlihatkan proses di balik layar, audiens dapat melihat bagaimana produk atau jasa Anda dihasilkan serta kualitas layanan yang Anda tawarkan.
Pelanggan yang tertarik dengan proses produksi atau kualitas layanan Anda memiliki potensi menjadi pelanggan yang setia. Konten di balik layar juga bisa dibuat lebih sederhana, tanpa perlu penambahan filter. Semakin sering Anda berbagi konten seperti ini, semakin banyak pelanggan yang akan mempercayai bisnis Anda.
Konten Hari Besar
Membuat konten terkait hari raya atau perayaan tertentu adalah cara lain untuk menarik perhatian audiens dan menunjukkan bahwa Anda selalu update dengan peristiwa yang sedang terjadi.
Baca juga: Demokrasi: Pengertian, Sejarah, Model, Ciri, dan Tujuan
Bentuk Konten Marketing
Memahami berbagai bentuk content marketing berikut ini:
Video sebagai Media Efektif untuk Mempengaruhi Audiens
Bentuk content marketing yang dapat Anda buat adalah video. Banyak pengguna internet yang menikmati konten berbentuk video. Konten video lebih mudah dicerna dan dinikmati oleh audiens. Fakta ini terbukti dari meningkatnya jumlah pengguna YouTube di Indonesia dan di seluruh dunia. Bahkan, YouTube adalah salah satu platform media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia.
Website atau Blog sebagai Wadah Content Marketing dalam Bentuk Artikel
Selain media sosial, content marketing dapat dilakukan melalui website atau blog. Anda dapat membuat artikel yang sesuai dengan target audiens. Dalam bentuk artikel content marketing, penting untuk memahami konsep SEO. Dengan menciptakan artikel yang dioptimasi secara SEO, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas.
Jika Anda ingin mencapai lalu lintas organik yang signifikan, artikel SEO adalah kunci. Dengan membuat konten yang relevan dengan kata kunci yang banyak dicari, lalu lintas ke situs web Anda akan meningkat secara drastis. Dan semakin banyak lalu lintas, semakin tinggi pula peluang transaksi.
Untuk melakukan content marketing melalui situs web, penting untuk memahami SEO dari dasar, sebelum melangkah ke strategi optimasi yang lebih lanjut.
Podcast untuk Menjangkau Audiens yang Menyukai Mendengarkan
Promosi saat ini tidak lagi terbatas pada radio atau televisi. Podcast adalah salah satu cara promosi melalui format audio yang sedang populer dalam beberapa tahun terakhir. Banyak kanal podcast terkenal yang telah memiliki penggemar setia.
Anda dapat mendengarkan podcast melalui platform seperti Spotify. Beberapa juga mengunggah podcast mereka di kanal YouTube. Salah satu podcast yang terkenal adalah milik Dedy Corbuzier.
Melalui podcast, Anda dapat menciptakan konten yang berkontribusi pada peningkatan kesadaran merek. Anda dapat membahas topik-topik populer dan secara halus memasukkan promosi merek Anda. Jika podcast Anda mendapatkan penggemar yang banyak, Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan produk Anda.
Baca juga: Cara Registerasi Kartu Indosat Berikut Persyaratannya
Kesimpulan
Content marketing memiliki beragam bentuk yang dapat diaplikasikan dengan efektif untuk meningkatkan keterlibatan, kesadaran merek, dan penjualan di media sosial. Infografik, artikel di blog atau website, podcast, dan video adalah beberapa bentuk yang populer dan berpotensi memberikan dampak positif pada audiens. Infografik memberikan informasi yang mudah dipahami dalam format visual, artikel SEO di blog mengoptimalkan lalu lintas organik, podcast memberikan cara baru untuk berinteraksi dengan audiens melalui suara, dan video menawarkan narasi yang menarik dan persuasif. Penting untuk memahami dan mengadaptasi bentuk content marketing yang sesuai dengan target audiens dan tujuan bisnis. Dengan memilih pendekatan yang tepat, content marketing dapat menjadi alat yang kuat dalam membangun hubungan dengan audiens dan memperkuat kehadiran merek di platform media sosial.