10 Cara Menambah Followers TikTok untuk Strategi Pemasaran
Cara menambah followers TikTok – TikTok adalah salah satu platform media sosial dengan jumlah pengguna terbesar di dunia. Fakta ini mendorong banyak individu untuk bersaing dalam meningkatkan jumlah pengikut di akun TikTok mereka demi meraih berbagai manfaat.
Dalam konteks saat ini, TikTok bukan hanya tempat untuk berkreasi, tetapi juga telah menjadi wadah untuk berjualan dan berbisnis. Oleh karena itu, memiliki banyak pengikut di TikTok menjadi sangat penting. Jumlah pengikut tidak hanya mencerminkan keaslian dan kredibilitas dari akun yang kita kelola, tetapi juga memiliki potensi sebagai pangsa pasar bagi bisnis yang dijalankan.
Tak hanya itu, platform ini juga menarik perhatian para pemilik merek dagang yang melihat peluang pemanfaatan TikTok sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka. Mereka bekerja sama dengan para influencer dan pembuat konten untuk menciptakan pertumbuhan yang menguntungkan bagi bisnis melalui platform TikTok.
Cara Menambah Followers TikTok untuk Strategi Pemasaran
Berikut ini beberapa saran dan metode cara menambah followers TikTok.
Mengenali Target Audiens
Langkah pertama dalam upaya meningkatkan pengikut di TikTok adalah memahami siapa yang menjadi audiens target kontenmu.
Langkah-langkah untuk mengidentifikasi target audiens:
- Menganalisis pesaing dan influencer di industri yang kamu fokuskan, guna memahami jenis konten yang mereka posting.
- Memeriksa video yang paling populer untuk mendapatkan ide konten yang unik.
- Melihat ulasan dari pengikut atau pelanggan yang memberikan umpan balik terhadap konten yang sudah kamu unggah.
Membuat Konten yang Menarik
Sebagai platform media sosial yang sangat mengandalkan pada konten yang dibuat oleh pengguna, jelas bahwa konten menjadi aset paling berharga bagi para pengguna dalam usaha mereka untuk menarik sebanyak mungkin pengikut. Bahkan, dalam konsep Shoppertainment yang sedang populer, konten memiliki peran sentral dalam meningkatkan penjualan.
Untuk berhasil, Anda perlu menciptakan konten yang menarik dan sesuai dengan tren yang berlaku di seluruh TikTok. Ini termasuk memiliki keaslian yang dapat memikat para penikmat konten untuk mengikuti akun Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggabungkan gaya pengeditan atau skema warna yang memberikan makna dalam konten Anda. Dengan cara ini, konten Anda dapat menjadi ciri khas yang membedakan, membuat akun Anda lebih mudah diingat oleh pengguna lain.
Baca juga: Algoritma Instagram: Cara Kerja dan Tips Meningkatkan Konten
Mengikuti dan Memahami Tren
Tren memiliki peran penting di TikTok, karena video yang sesuai dengan tren dapat menarik pengguna untuk melihat profil dan kontenmu. Dalam hal ini, kamu bisa mencoba membuat video yang relevan dengan tren TikTok yang sedang berlangsung.
Memilih Hashtag yang Tepat
Memanfaatkan hashtag memungkinkan Anda untuk menemukan konten yang relevan dengan minat tertentu. Dengan menggabungkan hashtag yang sedang tren dan umum, Anda meningkatkan peluang agar konten Anda ditemukan oleh pengguna TikTok lainnya. Salah satu contoh hashtag yang sedang tren dan sering digunakan adalah #FYP (For Your Page).
Bekerja Sama dengan Influencer TikTok
Strategi pemasaran influencer yang sukses di Instagram juga bisa diterapkan di TikTok. Bekerja sama dengan influencer bisa membantu dalam mengenalkan bisnis atau akunmu kepada khalayak yang lebih luas.
Baca juga: Pengertian Social Bookmarking Serta Manfaatnya
Gunakan CTA
Panggilan aksi (Call-to-action atau CTA) bisa menjadi langkah berikutnya untuk meningkatkan jumlah pengikut di TikTok.
Konsep CTA sendiri merupakan istilah yang sering digunakan dalam dunia pemasaran. Biasanya, CTA ditempatkan di akhir video TikTok untuk mengajak pengguna lain untuk mengunjungi profil Anda, menonton video serupa, atau mengikuti akun Anda.
Dengan menggunakan CTA yang sesuai dan menarik, Anda dapat membantu meningkatkan jumlah pengikut di platform TikTok.
Menemukan Target Audiens yang Tepat
Mencari audiens yang sesuai adalah langkah penting, sama seperti dalam dunia bisnis di mana menargetkan pasar yang tepat menjadi kunci kelangsungan. Di TikTok, hal ini memungkinkan kita ditemukan oleh kelompok demografis, lokasi geografis, atau minat yang sesuai dengan segmentasi akun kita.
Melalui pendekatan ini, kemungkinan mendapatkan pengikut organik berkualitas menjadi lebih tinggi, dan mereka akan cenderung mengikuti akun Anda.
Mengunggah Konten pada Waktu yang Tepat
Memahami kapan video Anda memiliki jangkauan terluas bisa dilakukan dengan menganalisis aktivitas pengikut melalui analitik akunmu. Pada tab pengikut, kamu bisa melihat kapan pengikut paling aktif menggunakan TikTok.
Baca juga: Cara Membuat Akun DANA dan Verifikasi Akun Premium
Kerjasama dengan Pengguna Lain
Fitur kerja sama di TikTok bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kunjungan ke akun yang kita atur. Konten juga bisa dibuat bersama dengan pembuat konten yang memiliki minat serupa. Fasilitas seperti kolaborasi live memungkinkan kita dan akun lain yang berkolaborasi untuk berbagi pengikut, sehingga dapat meningkatkan jumlah pengikut di akun kita.
Promosi Akun TikTok di Medsos
Anda memiliki kesempatan untuk mengiklankan akun TikTok Anda melalui platform media sosial lainnya guna menjangkau lebih banyak penonton. Platform seperti Instagram, YouTube, atau Twitter dapat digunakan untuk tujuan ini. Anda bisa mengunggah video TikTok di akun media sosial tambahan tersebut dan mencantumkan username TikTok Anda agar orang lain dapat mengunjungi akun TikTok Anda. Dengan demikian, peluang untuk mendapatkan lebih banyak pengikut akan terbuka.
Baca juga: Proses Bisnis: Pengertian, Tantangan, dan Cara Mengoptimalkan
Kesimpulan
Untuk meningkatkan jumlah pengikut di TikTok, terdapat beberapa strategi yang dapat diterapkan. Identifikasi target audiens dengan cermat, ikuti tren yang sedang berlangsung, dan buat konten asli yang mencerminkan kepribadian Anda. Pemanfaatan hashtag yang tepat serta promosi silang melalui platform media sosial lainnya juga dapat membantu meningkatkan visibilitas konten Anda. Kolaborasi dengan pembuat konten lain dan penggunaan panggilan aksi di akhir video dapat memperluas cakupan pengikut. Ingatlah bahwa kreativitas dan konsistensi adalah kunci utama dalam membangun pengikut yang berkualitas di TikTok.