
SEO (Search Engine Optimization): Pengertian, Jenis, dan Manfaat
SEO – Dalam era digital yang terus berkembang, keberadaan sebuah situs web menjadi sangat penting bagi bisnis maupun individu. Namun, dengan jutaan situs web yang ada di internet, bagaimana kita dapat memastikan bahwa situs web kita dapat ditemukan oleh pengguna? Inilah mengapa Search Engine Optimization (SEO) menjadi sangat penting. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu SEO, jenis, dan manfaat SEO.
Apa itu SEO

Search Engine Optimization (SEO) merupakan strategi yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah website agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan mendapatkan peringkat teratas dalam hasil pencarian dengan kata kunci yang relevan. Dengan memunculkan website di halaman pertama atau bahkan di posisi pertama mesin pencari, potensi untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang lebih banyak pun meningkat.
Pada dasarnya, SEO berfokus pada kata kunci yang digunakan oleh pengguna saat melakukan pencarian. Dengan menerapkan teknik SEO dengan baik, kamu dapat menemukan target pengguna yang tepat untuk semua konten yang kamu buat. Dalam proses ini, penting untuk menyaring kata kunci yang relevan sehingga pengguna dengan minat yang sesuai dapat mendapatkan manfaat dari isi konten yang telah kamu buat. Ketika pengguna mendapatkan manfaat yang mereka cari dari kontenmu, kemungkinan besar mereka akan kembali ke website dan membaca konten terbaru yang kamu sediakan.
Dengan menerapkan teknik SEO yang efektif, kamu dapat meningkatkan peluang untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan menarik lebih banyak pengunjung ke websitemu. Hal ini tidak hanya membantu dalam meningkatkan lalu lintas website, tetapi juga dapat berdampak positif pada reputasi dan otoritas website di mata mesin pencari. Semakin baik optimisasi SEO yang dilakukan, semakin tinggi pula peringkat websitemu dalam hasil pencarian.
Baca juga: Link Building: Pengertian, Manfaat, dan Strategi dalam SEO
Jenis SEO

SEO adalah strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan jumlah traffic yang relevan dalam sebuah situs. Dalam praktiknya, ada empat kategori utama yang dapat digunakan oleh para marketer untuk memanfaatkan strategi SEO ini dalam kegiatan pemasaran mereka.
On-page SEO
On-page SEO adalah jenis SEO yang fokus pada proses mengoptimalkan konten yang ada di dalam situs web perusahaan. Ini mencakup optimisasi copy, penggunaan kata kunci, pengaturan header, deskripsi meta dan judul, gambar utama, dan lain-lain. Dalam implementasinya, para marketer perlu melakukan riset kata kunci, mengoptimalkan metadata, dan melakukan internal linking.
Off-page SEO
Off-page SEO adalah jenis SEO yang berfokus pada optimisasi elemen di luar situs web. Metode ini bertujuan untuk menciptakan eksposur dan kredibilitas bagi perusahaan, yang pada akhirnya akan menghasilkan lebih banyak pengunjung dan penjualan. Salah satu inisiatif yang umum dilakukan dalam off-page SEO adalah membangun tautan atau mendapatkan link dari situs web terkemuka lainnya yang mengarah kembali ke situs kita.
Technical SEO
Technical SEO adalah jenis strategi SEO yang membantu mesin pencari mengindeks dan memahami situs web dengan lebih baik, serta meningkatkan pengalaman pengguna. Dalam technical SEO, terdapat tindakan-tindakan yang dilakukan untuk memastikan situs web dapat diakses dengan baik oleh mesin pencari dan memiliki pengalaman pengguna yang baik. Beberapa contohnya termasuk memperbaiki kecepatan situs web, kemudahan penggunaan pada perangkat mobile, dan struktur situs yang teratur.
Local SEO
Local SEO adalah jenis SEO yang berfokus pada optimisasi untuk bisnis lokal. Ini melibatkan strategi yang memperhatikan lokasi bisnis dan bertujuan untuk meningkatkan kehadiran online perusahaan dalam komunitas lokal. Dalam local SEO, informasi seperti alamat, jam buka, deskripsi, ulasan, dan foto produk dimasukkan untuk membangun kepercayaan pelanggan. Halaman hasil mesin pencari juga mempertimbangkan kedekatan, relevansi, dan reputasi berdasarkan permintaan pencarian pengguna, dan memilih bisnis lokal yang memenuhi kriteria tersebut.
Keempat jenis SEO ini memberikan pendekatan yang berbeda dalam memanfaatkan strategi SEO untuk keperluan pemasaran. Dengan memahami dan menerapkan masing-masing jenis SEO dengan tepat, para marketer dapat meningkatkan visibilitas dan kehadiran online perusahaan mereka, menarik lebih banyak pengunjung, dan mencapai tujuan pemasaran mereka.
Baca juga: Long Tail Keyword: Pengertian, Manfaat, dan Karateristik
Apa Manfaat SEO?

SEO memiliki fungsi penting dalam memudahkan mesin pencari untuk menentukan peringkat sebuah website dalam hasil pencarian sesuai dengan relevansi kata kunci yang diinputkan oleh pengguna.
Meningkatkan Jumlah Traffic
Manfaat pertama yang dapat diperoleh dari penerapan teknik SEO adalah peningkatan jumlah traffic pengunjung pada halaman website. Ketika situsmu berhasil menerapkan teknik SEO dengan baik dan muncul di halaman pertama hasil pencarian, pengunjung akan cenderung mengunjungi situsmu karena mereka biasanya memilih situs pertama yang muncul untuk mendapatkan informasi dengan cepat.
Mendapat Relevansi Target
Selain itu, SEO juga membantu dalam mencapai relevansi target yang diinginkan. Mesin pencari akan mengarahkan pengunjung ke halaman yang sesuai dengan tujuan mereka melalui kata kunci yang mereka masukkan. Dengan demikian, website atau konten yang kamu buat akan lebih sesuai dengan target audiens yang diharapkan.
Meningkatkan Kepercayaan Terhadap Website
Penerapan teknik SEO juga dapat meningkatkan kepercayaan terhadap website kamu. Website yang muncul di halaman pertama hasil pencarian umumnya dianggap memiliki kepercayaan yang lebih tinggi oleh pengunjung. Rekomendasi dari mesin pencari dianggap relevan dan memberikan informasi yang diinginkan oleh pengguna.
Meningkatkan Kesadaran Merek (Brand Awareness)
Bagi pembisnis atau marketer, SEO juga dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness). Dengan menerapkan SEO, mesin pencari akan lebih mudah menemukan website kamu dan menampilkan hasilnya di halaman pertama, sehingga lebih banyak orang yang akan mengetahui tentang websitemu. Ini bisa menjadi promosi yang efektif untuk mendapatkan pelanggan baru.
Keuntungan lain dari SEO adalah kemampuannya untuk memberikan promosi berkelanjutan tanpa biaya tambahan. Berbeda dengan penggunaan iklan Google Ads yang membutuhkan biaya ekstra untuk menarik pembeli, dengan SEO kamu dapat terus mempromosikan merekmu 24 jam sehari selama situsmu tetap aktif.
Baca juga: Manfaat SEO untuk Strategi Marketing Anda
Bagaimana Cara Kerja SEO

Penting untuk kamu memahami bahwa mesin pencari memiliki peran penting dalam membantu pengguna menemukan topik yang mereka cari dengan menginputkan kata kunci. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menentukan kata kunci yang tepat untuk artikel atau konten yang ingin kamu publikasikan.
Namun, menentukan kata kunci saja tidak cukup efektif jika kamu tidak memahami bagaimana cara kerja mesin pencari dan bagaimana mesin pencari menempatkan websitemu di posisi teratas, mulai dari peringkat 1 hingga 3.
Mesin pencari, atau yang kita kenal sebagai search engine, memiliki tiga tugas utama untuk memfilter permintaan yang kamu masukkan.
Crawling
Crawling adalah proses pertama yang dilakukan oleh mesin pencari. Mesin pencari akan melakukan crawling dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi rinci dari sebuah website. Proses ini dilakukan oleh bot yang terus bekerja untuk mengumpulkan detail seperti halaman, judul, kata kunci, gambar, dan tautan internal yang ada di website.
Indexing
Setelah mesin pencari melakukan crawling, data-data tersebut akan disimpan dalam database search engine dengan kata kunci tertentu. Halaman-halaman yang belum terindeks tidak akan muncul dalam hasil pencarian.
Processing
Pada tahap processing, mesin pencari akan menerima permintaan dari pengguna berdasarkan kata kunci yang mereka masukkan. Mesin pencari akan membandingkan kata kunci dengan website yang terindeks dalam database mesin pencari.
Calculating Relevancy
Proses calculating relevancy melibatkan perbandingan antara halaman-halaman website yang telah terindeks untuk mencari website dengan kata kunci yang relevan sesuai dengan permintaan pengguna. Semakin relevan sebuah website, semakin besar kemungkinannya untuk muncul di halaman utama mesin pencari.
Retrieval
Tahap ini melibatkan mesin pencari dalam memberikan halaman-halaman website yang relevan dengan permintaan pengguna. Setiap mesin pencari memiliki algoritma yang berbeda untuk menentukan halaman mana yang akan ditampilkan di halaman pertama. Oleh karena itu, hasil pencarian dapat berbeda-beda meskipun menggunakan kata kunci yang sama.
Ranking
Mesin pencari tidak sembarangan dalam menentukan peringkat pencarian. Proses-proses di atas dilakukan untuk menampilkan halaman-halaman yang relevan dengan permintaan pengguna. Hal ini berkaitan erat dengan SEO (Search Engine Optimization), di mana semakin relevan sebuah halaman website, semakin besar kemungkinannya untuk mendapatkan peringkat teratas.
SEO bekerja untuk mengoptimalkan kata kunci yang digunakan agar mudah diindeks oleh mesin pencari, sehingga halaman tersebut memiliki peluang besar untuk mendapatkan peringkat teratas dan ditampilkan di halaman utama mesin pencari sesuai dengan relevansi kata kunci yang diinputkan oleh pengguna.
Baca juga: Bisnis Digital: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Tipsnya
Faktor Penting dalam SEO

Naik turunnya peringkat sebuah website ditentukan oleh beberapa faktor SEO yang terus diperbarui seiring dengan pembaruan algoritma pencarian. Tujuan utamanya adalah agar konten yang ditampilkan relevan dengan apa yang dicari oleh pengunjung internet.
Berikut ini adalah faktor-faktor ranking dan indikator utama SEO:
Kecepatan loading (page speed)
Kecepatan loading mengacu pada waktu yang dibutuhkan oleh sebuah website untuk sepenuhnya terbuka. Semakin cepat loadingnya, semakin tinggi peringkatnya di mesin pencari. Oleh karena itu, penting untuk memantau kinerja situs secara rutin menggunakan alat seperti PageSpeed Insights dari Google atau Pingdom Speed Test.
Mobile-friendly
Website dikatakan mobile-friendly jika tampilannya secara otomatis menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat yang digunakan untuk browsing, seperti tablet atau smartphone. Untuk mengukur responsifitas desain, Anda dapat menggunakan alat seperti Mobile-Friendly Test dari Google.
Kualitas konten
Buatlah konten yang relevan, spesifik, dan memberikan jawaban atas kebutuhan pembaca. Perhatikan panjang konten, struktur, penggunaan kata kunci, dan informasi yang disampaikan. Hal-hal ini dievaluasi oleh mesin pencari. Konten yang unik dan original juga akan menarik lebih banyak pengunjung dan meningkatkan visibilitas website.
Backlink
Backlink adalah tautan yang berasal dari situs lain yang mengarah ke website Anda. Misalnya, jika ada artikel di sebuah koran digital yang menyertakan tautan ke website Anda, itu disebut sebagai backlink. Backlink yang berkualitas, terutama berasal dari situs tepercaya, akan mempengaruhi kinerja situs Anda di mesin pencari.
Pengalaman pengguna (user experience)
Bounce rate dan waktu tinggal (dwell time) adalah dua faktor yang diukur oleh mesin pencari untuk menilai pengalaman pengguna saat mengunjungi situs Anda. Jika pengunjung meninggalkan situs dengan cepat atau tidak ada yang tinggal lama, mesin pencari dapat menganggap situs Anda tidak relevan. Sebaliknya, jika pengunjung betah berlama-lama di situs Anda, mesin pencari akan menganggap konten di situs Anda relevan dan bermanfaat.
Keamanan situs (website security)
Faktor ini mencakup semua langkah-langkah yang diambil untuk melindungi situs dan pengunjung dari ancaman atau bahaya online. Selain itu, penggunaan protokol HTTPS pada URL juga menjadi standar keamanan. Jika situs tidak memiliki sertifikat SSL dan ditandai sebagai “Not Secure,” baik mesin pencari maupun pengunjung akan kurang percaya. Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik situs web untuk mengaktifkan sertifikat SSL.
Memperhatikan faktor-faktor ini dan mengoptimalkan situs Anda sesuai dengan prinsip-prinsip SEO dapat membantu meningkatkan peringkat dan visibilitas situs Anda dalam hasil pencarian.
Baca juga: Google Sandbox: Penyebab dan Cara Mengatasinya
Hal-hal yang Harus Menjadi Perhatian dalam SEO

Dalam SEO, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti penggunaan long-tail keyword, menciptakan konten yang sesuai dengan search intent, memperoleh backlink, dan selalu memantau perubahan atau pembaruan algoritma Google.
Algoritma Google baru-baru ini juga mempertimbangkan pengalaman halaman website dalam faktor SEO. Salah satu aspek yang penting dalam pengalaman halaman adalah Core Web Vitals, yang terdiri dari serangkaian metrik yang mengukur kecepatan loading, interaktivitas, dan stabilitas visual.
Metrik Core Web Vitals mencakup tiga hal berikut:
Largest Contentful Paint (LCP)
Metrik ini melaporkan waktu yang dibutuhkan untuk memuat konten terbesar pada halaman, termasuk gambar dan video. Waktu loading yang ideal adalah sekitar 2,5 detik.
First Input Delay (FID)
Metrik ini mengukur waktu yang dibutuhkan antara pengguna berinteraksi pertama kali dengan halaman (misalnya, mengklik tautan atau mengetuk tombol) hingga saat browser merespons permintaan tersebut. FID yang diinginkan adalah kurang dari 100 milidetik.
Cumulative Layout Shift (CLS)
Metrik ini menghitung total pergeseran layout yang tidak terduga pada halaman selama proses loading. CLS penting agar pengunjung tidak mengklik elemen yang tiba-tiba berubah posisi. Untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik, skor CLS sebaiknya kurang dari 0,1.
Dengan memperhatikan metrik-metrik Core Web Vitals ini dan memastikan bahwa website Anda memenuhi standar yang ditetapkan, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan kualitas halaman website Anda dalam hal loading, interaktivitas, dan stabilitas visual. Ini akan berdampak positif pada peringkat SEO dan kepuasan pengunjung.
Baca juga: Cara Menghilangkan Mata Panda Agar Wajah Cerah
Kesimpulan
SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian strategi dan teknik yang digunakan untuk meningkatkan peringkat situs web dalam hasil pencarian mesin telusur. Dengan memahami pengertian, jenis, dan manfaat SEO, kita dapat mengoptimalkan situs web kita agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet. Dalam dunia yang semakin terhubung ini, SEO menjadi kunci keberhasilan dalam membangun kehadiran online yang kuat dan meningkatkan visibilitas serta potensi bisnis kita.
Referensi
- “The Art of SEO” oleh Eric Enge, Stephan Spencer, Jessie Stricchiola, dan Rand Fishkin.
- “SEO 2021: Learn Search Engine Optimization with Smart Internet Marketing Strategies” oleh Adam Clarke.
- “Optimizing Websites for Mobile Devices” oleh Kris Hadlock.
- “Don’t Make Me Think: A Common Sense Approach to Web Usability” oleh Steve Krug.
- “Web Analytics 2.0: The Art of Online Accountability and Science of Customer Centricity” oleh Avinash Kaushik.
- “SEO for Growth: The Ultimate Guide for Marketers, Web Designers & Entrepreneurs” oleh John Jantsch dan Phil Singleton.
- “Conversion Optimization: The Art and Science of Converting Prospects to Customers” oleh Khalid Saleh dan Ayat Shukairy.
- “Information Architecture for the World Wide Web: Designing Large-Scale Web Sites” oleh Peter Morville dan Louis Rosenfeld.
- “Link Building: Authority Strategies for Successfully Link Building” oleh Chris A. Harmen.
- “The User Experience Team of One: A Research and Design Survival Guide” oleh Leah Buley.

